Home » , » Resep Kue Kastengel Nikmat dan Mudah

Resep Kue Kastengel Nikmat dan Mudah

Written By Unknown on Jumat, 28 November 2014 | 8:03 AM

Hai para pecinta kue,kali ini saya akan bercerita sedikit pengalaman saya sewaktu mengalami panic attack ketika ditantang oleh kakak ipar saya untuk membuat kue kering. Anda pasti bisa membayangkan betapa bingun dan takutnya saya ketika mendapat tantangan tersebut. Tantangan ini merupakan sebuah tes pembuktian diri bahwa saya wanita yang bisa bergelut didapur. Sempat terlintas dalam benak saya, mengapa tantangannya bukan memasak menu-menu hidangan seperti sup, tumis atau puding yang biasa saya buat di dapur. Dan pertanyaan-pertanyaan itu hanya menggantung saja dalam pikiran saya tanpa ada jawaban.

Awalnya saya ingin menyerah dan mengaku kalah, tetapi setelah dipikir-pikir pasti saya akan merasa malu kalau saya mengalah begitu saja. Dan akhirnya saya beranikan diri untuk menerima tantangan itu. Akhirnya saya mencoba searching di internet tentang resep-resep membuat kue kering yang mudah, well yang saya dapati waktu itu banyak sekali yang mengulas tentang resep kue tetapi jarang yang memeberikan resep simple dengan cara yang jelas. Oleh karena itu, mulailah saya dan suami pergi ke toko buku untuk mencari buku-buku resep kue seperti yang saya inginkan. Terus bergantian dari resep satu ke resep yang lain, dari buku satu ke buku lain dan saya terus mencoba. Hingga suatu saat saya menemukan resep kue kering ini yang membuat saya lega. Mengapa? Pertama, bahan-bahannya sangat simple. Kedua, cara membuatnya juga simple. Ketiga, citarasanya lezat dan ringan di mulut.

Kastengel, si kue kering ringkas yang membuat saya bisa tersenyum sumringah. Kue ini hanya terdiri dari 4 bahan utama dan tanpa ada tambahan bahan lainnya. Kue ini juga mampu bertahan lama dalam suhu ruang terutama dalam topless yang kedap udara. Dan satu nilai tambah lagi, kue ini cukup asik sebagai teman ngobrol dan nonton tv.

Lebih menggembirakan lagi ketika saya benar-benar berhasil membuat kue ini dalam 2 x uji coba. Nah dari pengalaman saya tadi, saya terinsiprasi untuk membagika resep kue Kastengel ini kepada para pecinta kuliner semua.

Mau tahu serunya baking kue sendiri? Ikuti tulisan ini dan temukan cara bagaimana membuat Kue Kastengel yang lezat dan mudah.


A) Bahan
  •    Tepung terigu ( 350 gram )
  •    Kuning telur ( dari 4 butir telur)
  •    Butter ( 250 gram )
  •    Keju deam parut ( 200 gram )

B) Alat
  •    Mixer
  •    Penggiling kue manual dari kayu
  •    Loyang
  •    Kuas khusus kue
  •    Papan untuk menggiling adonan

C) Cara Mengolah
  • Ambil butter dan 3 kuning telur, masukan ke dalam wadah mixer, dan kocok menggunakan mixer. Kocok hingga merata.
  • Kemudian pelankan mixer, masukan tepung terigu ke dalam adonan. kocok kembali hingga tercampur merata.
  • Pelankan kembali mixer, masukan sekitar 150 gram keju edam parut ke dalam adonan, kemudian kocok kembali hingga adonan merata sempurna.
  • Setelah adonan tercampur sempurna, matikan mixer. Keluarkan adonan dan letakan di atas papan penggiling. Uleni dengan tangan, remas-remas dan buat menjadi bulatan besar.
  • Selanjutnya giling dengan penggiling hingga tebalnya mencapai 0,5 cm.
  • Setelah itu potong adonan menjadi bentuk balok dengan ukuran 1x3cm.
  • Susun potongan-potongan adonan ke dalam loyang, beri jarak antara potongan.
  • Kocok sisa kuning telur tadi menggunakan sendok.
  • Kemudian oleskan kuning telur tadi ke atas permukaan potongan-potongan adonan dengan menggunakan kuas.
  • Lalu taburi dengan sisa parutan keju edam.
  • Masukan ke dalam oven, panggang dengan suhu kurang lebih 180° Celcius, selama 35 menit ( atau sampai matang kekuningan). (Selalu amati kue pada saat proses pemanggangan).
  • Setelah kue matang, matikan oven dan keluarkan. Dinginkan sebentar lalu masukan ke dalam toples.